Bangun pagi Yuk

Cara bangun pagi

Bangun pagi itu kadang sulit. Ini ada beberapa tips untuk bisa bangun pagi:

1. Jangan tidur larut malam.

Kalau perlu, tidurlah jam 8 sore. Selama musim summer di mana azan isya’ datang jam 9.30-an, bolehlah tidur lebih telat.

2.  Pasang alarm ganda

Maksudnya, pasang alarm di HP, di jam beker, dan di HP satunya lagi kalau punya. Pastikan semua memiliki fasilitas snooze. Dan jangan lupa untuk mengatur alarm pada jam yg pagi sekali, seperti 4.30 misalnya.

3. Minta dibangunkan teman.

Cara ini lumayan efektif karena setelah dibangunkan, otomatis akan timbul perasaan tidak enak ke teman kalau kita tidur lagi setelah susah-susah dibangunkan. Teman tersebut tidak perlu berada serumah dgn kita, karena jaman sekarang sudah ada telepun dan HP. Yang penting, jangan buat HP jadi silent, dan sebaiknya mesin telepun dipasang pada volume keras agar terdengar ketika kita masih tidur.

4. Tidurlah di ruang yang terkena sinar matahari pagi.

Seandainya keadaan memaksa kita untuk ketiduran hingga matahari terbit, maka dengan tidur di ruang yang terkena sinar matahari pagi secara langsung akan sedikit banyak membuat kita terbangun secara alami. Jangan tidur di ruangan yang gelap sepanjang hari, karena badan akan menganggap bahwa hari adalah malam terus, sehingga ‘tertipu’ untuk menginginkan tidur lebih lama.

5. Peliharalah ayam di dalam rumah.

HP anda tidak perlu ada ringtone ayam berkokok. Pelihara saja yang aslinya. Lebih efektif karena lebih sulit dimatikan.

6. Pilihlah kelas pagi.

Jika anda masih kuliah, carilah mata kuliah yang kelasnya pagi, kalau perlu yang jam 9 pagi, atau jam 7 kalau di Indonesia. Dengan demikian, kita dipaksakan untuk bisa bangun pagi.

7. Carilah tempat tinggal yang sangat jauh dari kantor atau sekolah.

Lebih jauh rumah kita dari kantor atau sekolah, maka biasanya kita akan bangun lebih pagi, karena kita butuh waktu lebih lama untuk perjalanannya. Lebih bagus lagi, carilah tempat tinggal yang jarang dilalui transportasi umum, sehingga kita bisa lebih ‘on-time’. Tempat2 yang ideal untuk ini misalnya Bankstown, Mt. Druitt, Parramatta, Marsfield, Sutherland, Liverpool, Blacktown, Hornsby, dsb. Untuk Jogja, contohnya adalah tinggal di Klaten, Wates, Pakem, Dlingo, Tepus, Solo, Magelang, dsb.

8. Minta dibangunkan ibu.

Bagi yang masih beruntung bisa tinggal bersama orang tua, minta lah ibu untuk membangunkan. Dan cara ini di antara cara-cara lainnya adalah yang paling enak dan menyenangkan, karena ibu biasanya akan membangunkan dengan penuh kasih saying

9. Ingat waktu subuh

Bangun subuh sangat baik buat kesehatan karena udara di pagi hari belum tercemar polusi. Bagi orang islam, shalat subuh merupakan shalat yang paling bagus apalagi dilaksanakan secara berjamaah di masjid karena shalat subuh disaksikan oleh para malaikat. Selain itu, jika melewatkan shalat subuh kita akan berdosa. Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan di waktu subuh.

10. Niat

Ini merupakan cara yang paling ampuh. Meskipun kita sudah melakukan cara – cara seperti di atas, tetapi kalu niat pada diri kita belum kuat semua itu akan percuma saja. Karena semua perbuatan di awali dengan niat.

Mungkin itu tips yang bisa saya tulis. Jika ada teman – teman yang mempunyai cara lain tolong dibantu agar melengkapi tulisan ini.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: