JENIS KOPERASI

JENIS – JENIS KOPERASI

A) Jenis Koperasi Berdasarkan Tingkatan Koperasi

1)      Koperasi Primer

Koperasi primer adalah koperasi yang dibentuk oleh sekurang-kurangnya dua puluh orang dan merupakan jenis koperasi pada tingkatan paling rendah. Daerah kerja koperasi primer                   meliputi suatu desa atau lingkungan suatu jawatan / perusahaan.

2)      Pusat Koperasi

Pusat koperasi merupakan jenis koperasi yang didirikan oleh sekurang-kurangnya lima buah koperasi premer yang jenis usahanya sejenis dan telah memiliki badan hukum. Daerah kerja pusat koperasi meliputi kabupaten atau kotamadya.

3)      Gabungan Koperasi

Gabungan koperasi merupakan jenis koperasi yang didirikan oleh sekurang-kurangnya tiga pusat koperasi yang usahanya sejenis dan telah berbadan hokum. Gabungan koperasi beranggotakan pusat-pusat koperasi yang berada di kabupaten/kotamadya.

4)      Induk Koperasi

Induk koperasi merupakan jenis koperasi yang didirikan oleh sekurang-kurangnya tiga buah gabungan koperasi yang usahanya sejenis dan berbadan hokum. Daerah kerja induk koperasi meliputi seluruh Indonesia.

B) Jenis Koperasi Berdasarkan Lapangan Usahanya

1)      Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi adalah koperasi yang tujuannya mengusahakan pemenuhan barang-barang kebutuhan yang diperlukan oleh para anggota. Koperasi konsumsi akan memperoleh dua keuntungan, yaitu dapat membeli barang-barang bermutu tinggi dengan harga murah (sama dengan harga pasar) dan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan karena membeli barang-barang langsung dari produsen.

Tujuan koperasi konsumsi ada tiga macam, yaitu membeli barang-barang bermutu tinggi lansung dari produsen, menanamkan kejujuran dan kesetiaan dalam penghidupan koperasi para anggota, dan mempertinggi penghasilan anggota.

2)      Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah jenis koperasi yang menghasilkan barang-barang tertentu untuk disalurkan kepada para anggotanya atau kepada pasaran bebas. Secara umum, tujuan koperasi produksi adalah  bahan mentah dengan murah karena pembelian dilakukan dalam partai besar dan menghindari persaingan, baik dalam persaingan pembelian bahan

mentah maupun dalam penjualan barang-barang yang telah jadi.

3)      Koperasi Kredit atau Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi kredit atau koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang usahanya memupuk simpanan uang dari para anggota dan memberikan pinjaman uang kepada para anggota dengan bunga rendah dan syarat yang ringan.

C) Jenis Koperasi Berdasarkan Lingkungannya

1)      Koperasi Fungsional

Koperasi fungsional adalah jenis koperasi yang anggota-anggotanya terdiri atas pegawai-pegawai instansi atau kantor tertentu. Contohnya , Koperasi Pegawai negeri (KPN), Koperasi Angkatan Darat (KOPAD), dll.

2)      Koperasi Unit Desa

Koperasi unit desa merupakan jenis koperasi yang berada di suatu wilayah desa dengan sektorusaha pada bidang pertanian ataupun perkebunan. Adapun usaha-usaha yang dilakukan oleh KUD, antara lain mewajibkan dan menggiatkan anggotanya agar menyimpan tabungan secara teratur dan disiplin, memberikan pinjaman kepada anggota untuk mamajukan usaha anggotanya, dan memeberikan penyuluhan teknik pertanian, perikanan, peternakan yang berhubungan dengan usaha anggota koperasi yang bersangkutan.

3)      Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan oleh para siswa sebagai tempat pendidikan dan latihan berkoperasi. Koperasi sekolah tidak berhak melakukan tindakan hokum karena koperasi tersebut tidak berkedudukan sebagai badan hokum. Oleh karena itu, koperasi sekolah memerlukan koperasi sponsor untuk melakukan tindakan hokum.

Koperasi sponsor adalah koperasi yang didirikan oleh para guru atau pegawai di suatu sekolah yang telah mendirikan koperasi sekolah. Koperasi ini berkedudukan sebagai badan hokum.

About these ads
  1. Tinggalkan komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: